Asa V. R.’s Weblog

words mean a lot…

EDI (electronic data interchange) di Haworth September 22, 2008

Filed under: E-commerce and EDI — asavr @ 1:09 pm

Pengusaha furniture menggunakan EDI untuk menghentikan keruwetan karena kertas. Pengusaha furniture yang dibahas di sini adalah Haworth Inc. of Holland, yang membuat freestanding dan open plan systems furniture, tempat duduk, dan futniture kantor berbahan dasar kayu.

Apa masalahnya? Makin banyak dokumen dalam bentuk kertas di Haworth Inc. of Holland yang memenuhi lemari-lemari dokumen perusahaan. Perusahaan menemukan bahwa EDI adalah solusi yang tepat untuk masalah ini. Sebelum mengimplementasikan EDI, Haworth menggunakan surat untuk mengirim order ke supplier. Haworth memiliki sekitar 350-400 supplier, jadi pemisahan dan pengiriman dokumen dalam bentuk kertas sangat membuang-buang waktu. Pengiriman melalui fax memang lebih cepat, namun membuat material planners di Haworth harus menghabiskan waktu seharian dengan mesin fax.

Karena itulah, mulai November 1990, Haworth memburu EDI dengan membeli software STX for the Microcomputer. Software ini digunakan untuk menguji dan mengerjakan proyek percobaan. Pada Januari 1991, Haworth mengganti software lama dengan STX12 for the Mainframe. Lalu pada tahun 1992, Haworth mulai memakai sistem produksi EDI dengan 30 supplier.

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan EDI adalah: mengurangi paperwork (dokumen dalam bentuk kertas, supplier menerima order dengan cepat, informasi langsung masuk ke database di computer, order dan perubahannya menjadi tepat waktu.

 

2 Responses to “EDI (electronic data interchange) di Haworth”

  1. Jenny Says:

    waaa jelas sekali si ibu ini….

  2. sisisisi Says:

    wah asa…

    mencerahkan pengetahan gw tentang edi nih..thx


Leave a comment